Selasa, 24 Januari 2017

LAPORAN PRAKTIKUM KESETIMBANGAN KIMIA “ARUS BOLAK-BALIK”

DISUSUN OLEH :
*          APRIL LIA SARI (04)
*          DEA VERENA HARTONO (05)
*             DIAH AGUSTIA NINGSIH (06)
*          RAFIKA HANI AFRIYATI (31)

SMA NEGERI 1 MAJENANG
Alamat : Jl.Pahonjean Telp.(0280) 621212 Majenang 53257
PERCOBAAN 1 : REAKSI BOLAK-BALIK
     I.        Tujuan : Mengamati Reaksi Bolak-Balik
   II.        Alat dan Bahan :
Ø  Gelas kimia
Ø  Silinder ukur
Ø  Pipet tetes
Ø  Pengaduk
Ø  Timbal (II) sulfat 2 gram
Ø  Larutan KI 20 mL
Ø  Larutan Na2SO4 20 mL
 III.        Cara Kerja :
ü  Masukkan sepucuk spatula PbSO4 ke dalam gelas kimia,kemudian tambahkan 4 ml larutan KI. Aduk dengan mengguncang tabung. Amati perubahan yang terjadi.
ü  Dekantasi larutan tersebut dan cuci endapan dengan aquades
ü  Tambahkan larutan Na2SO4 1 M 4 mL dan aduk. Amati perubahan yang terjadi.
 IV.        Hasil Pengamatan :

Bahan
Perubahan yang terjadi
PbSO4
Berwarna kuning
Endapan + Na2SO4
Berwarna putih

   V.        PERTANYAAN :
1)   Tulis persamaan reaksi antara :
a.    Timbal(II)Sulfat dengan Kalium Iodida
b.    Endapan dengan larutan Natrium Sulfat
Jawab :  a. PbSO4(S) + KI  (S)                   PbI2 (S) ++ K2 SO4( aq)
         b. PbI2 (S)  + NaSO4( aq                          PbSO4(S)  + 2NaI

2)   Bila reaksi tersebut berlangsung bersamaan dan laju reaksi ke kanan sama dengan laju reaksi ke kiri,maka terjadilah reaksi setimbang. Apakah yang dimaksud reaksi setimbang?
Jawab : Reaksi setimbang adalah reaksi yang berlansung secara dua arah(reaksi reversibbel) atau reaksi yang berlansung bolak-balik
3)   Apakah syarat terjadinya reaksi setimbang ?
Jawab : jika reaksi baliknya dapat dengan mudah terjadi secara bersamaan.Proses ini memerlukan adanya pengaruh dari luar agar suatu reaksi menjadi dapat balik(sistem tertutup).  Pada umumnya, reaksireaksi akan lebih mudah berlangsung bolak balik dibandingkan dengan reaksi yang heterogen.

PERCOBAAN II : Azas Le Chatelier
I.             TUJUAN : Mengamati arah pergeseran kesetimbangan dengan Azas Le Chatelier.
II.           ALAT & BAHAN
*      tabung reaksi 5 buah
*      rak tabung reaksi 1 buah
*      pipet tetes 2 buah
*      gelas kimia 150 mL
*      silinder ukur 100 mL
*      pengaduk
*      larutan FeCl3 1M 5mL
*      larutan NaOH 1M 5mL
*      aquades 100 mL
III.         CARA KERJA :
1.    Ambil 50 ml aquades dan masukkan dalam gelas kimia
2.    Teteskan ke dalam aquadest tersebut masing-masing 3 tetesan larutan KSCN 1M dan larutan FeCl3 1M dan aduklah larutan tersebut sampai warnanya tetap.
3.    Bagi larutan tersebut ke dalam 5 tabung reaksi. Tabung pertama digunakan sebagai pembanding warna.
4.    Tambahkan berturut-turut :
a.    Pada tabung ke-3,2 tetes larutan KSCN 1M
b.    Pada tabung ke-2,2 tetes larutan FeCl3 1M
c.    Pada tabung ke-4,2 tetes larutan NaOH 1M
d.    Pada tabung ke-5,5 mL aquades
5.    Guncangkan ketiga tabung dan bandingkan warnanya dengan tabung ke-1. Bandngkan pula tabung ke-5 dengan tabung ke-1 dengan melihat dari atas ke bawah.

IV.         HASIL PENGAMATAN
No.tabung
Komponen yang diubah
Warna disbanding tabung 1
(lebih tua,lebih muda,sama dengan)
2
SCN-diperbesar
Lebih tua
3
Fe3+ diperbesar
Lebih tua
4
Fe3+ diperkecil
Lebih muda
5
Semua diperkecil
Lebih muda

V.           PERTANYAAN :
1.    bagaimana pengaruh penambahan salah satu komponen dalam system kesetimbangan ?
jawab :    kesetimbangan bergeser ke arah kanan, dan warna larutan menjadi semakin pekat
2.    bagaimana pengaruh pengurangaan salah satu komponen dalam system kesetimbangan ?
jawab :    kesetimbangan bergeser ke arah kiri, dan warna menjadi pudar atau bening.
3.    bagaimana pengaruh perubahan volume terhadap system kesetimbangan ?
jawab : ketika tekanan diperbesar(volume diperkecil) maka kesetimbangan bergeser kearah sisi yang mempunyai jumlah molekul yang lebih kecil dan sebaliknya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar