Selasa, 24 Januari 2017

MEMBANDINGKAN PENDAPAT TENTANG MOTIVASI BELAJAR ANTARA KELAS XI IPA 1 DAN XI IPS 5
BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Sebagai  seorang pelajar, pastinya sudah tak asing lagi kata belajar,belajar pasti di selingi juga kata motivasi, sehingga kedua unsur tersebut tidaklah bisa di pisahkan dan saling berketerkaitan satu sama lain. Motivasi adalah dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat.
Tentunya sebagai makhluk Tuhan yang memiliki akal dan nafsu, manusia pasti memiliki suatu motivasi dalam hidupnya. Sedangkan belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh  suatu perubahan tingkah laku  yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto, 2003).
Motivasi dan Belajar acap kali menjadi problema pada kebanyakan pelajar pada umumnya, setidaknya banyak kasus yang ditemui kala seorang pelajar itu menemui kesulitan pada cara atau pola pemahaman materi ajar mereka. Jika di tengok dari segi kuantitas, kebanyakan pelajar tersebut lengah dalam segi motivasi dan pola belajar. Seperti saat ini, kebanyakan para siswa maupun mahasiswa justru meremehkan dalam hal belajar, karena mereka lebih menginginkan hal yang instant dan tentunya hal tersebut juga di landasi dengan berkurangnya motivasi dalam memperoleh ‘reward’ atas kemauannya tersebut. Berdasarkan pengertian dan kasus-kasus seperti demikianlah, maka penulis membuat Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “MOTIVASI dan BELAJAR” yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca.

B.     Rumusan Masalah
1.      Faktor apa saja yang memotivasi untuk belajar ?
2.      Bagaimana persiapan belajar dalam menghadapi ulangan ?
3.      apa yang memotivasi untuk bersekolah ?

C.     Tujuan
1.      Menambah pengetahuan dan wawasan tentang motivasi dan belajar.
2.      Membandingkan pendapat tentang belajar antara kelas XI IPA 1 dan XI IPS 5
3.      Mendeskripsikan masing-masing pendapat setiap orang tentang motivasi belajar
4.      Dapat memahami faktor-faktor tentang motivasi belajar
D.     Manfaat Penelitian
1.  Penulis dan pembaca dapat mengetahui definisi dari Motivasi dan Belajar.
2.  Melatih penulis dalam menggunakan ejaan dan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.  Menambah kreatifitas penulis dalam menyusun karya tulis


BAB II
LANDASAN TEORI

Ø  PengertianMotivasi
Adalah suatu sugesti atau dorongan yang muncul karena diberikan oleh seseorang kepada orang lain atau dari diri sendiri, dorongan tersebut bermaksud agar orang tersebut menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya. Motivasi juga bisa diartikan sebagai sebuah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang.

Ø  Pengertian Teori Belajar.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.

Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pelajar, sedangkan respons berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara stimulus dan respon tidak penting untuk diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur, yang dapat diamati adalah stimulus dan respons, oleh karena itu apa yang diberikan oleh guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh pelajar (respons) harus dapat diamati dan diukur.
Ø Jenis-jenis motivasi
Berdasarkan pengertian dan analisis tentang motivasi yang telah dibahas di atas maka pada pokoknya motivasi dapat dibagi menjadi dua jenis : (a) motivasi intrinsik dan (b) motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang tercakup di dalam situasi belajar dan menemui kebutuhan dan tujuan-­tujuan murid. Motivasi ini sering juga disebut motivasi murni. Motivasi yang sebenarnya yang timbul dalam diri siswa sendiri, misalnya keinginan untuk mendapat keterampilan tertentu, memperoleh informasi dan pengertian, mengembangkan sikap untuk berhasil, menyenangi kehidupan, menyadari sum-bangannya terhadap usaha kelompok, keinginan diterima oleh orang lain, dan lain-lain.
    Jadi, motivasi ini timbul tanpa pengaruh dari luar. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang hidup dalam diri siswa dan berguna dalam situasi belajar yang fungsional. Dalam hal ini pujian atau hadiah atau sejenisnya tidak diperlukan oleh karena tidak akan menyebabkan siswa bekerja atau belajar untuk mendapatkan pujian atau hadiah itu. Seperti dikatakan oleh Emerson, The reward of a thing well done is to have done it. Jadi jelaslah, bahwa motivasi intrinsik adalah bersifat riil dan motivasi sesungguhnya atau disebut istilah sound motivation.Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang disebabkan oleh faktor-faktor dari luar situasi kelas, seperti angka kredit, ijazah, tingkatan hadiah, medali pertentangan, dan persaingan yang bersifat negatif ialah sarcasm, ridicule, dan hukuman. Motivasi ekstrinsik ini tetap diperlukan di sekolah, sebab pengajaran di sekolah tidak semuanya menarik minat siswa atau sesuai dengan kebutuhan siswa. Lagi pula sering kali para siswa belum memahami untuk apa ia belajar hal-hal yang diberikan oleh sekolah. Karena itu motivasi terhadap pelajaran itu perlu dibangkitkan oleh guru sehingga para siswa mau dan ingin belajar. Usaha yang dapat dikerjakan oleh guru memang banyak, dan karena itu di dalam memotivasi siswa kita tidak akan menentukan suatu formula tertentu yang dapat digunakan setiap saat oleh guru.

BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPS 5 pada tanggal 09 November 2016
B.     Subjek Penelitian
Subjek penelitian adalah …………………………………………
C.     Instrument Penelitian
Instrument penelitian berupa…………………………………….
D.    Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian menggunakan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Meminta pendapat siswa dan siswi kelas XI IPS 5 tentang pandangan motivasi belajar
2.      Meminta pendapat siswa dan siswi kelas XI IPA 1 tentang pandangan motivasi belajar
3.      Membandingkan pendapat antara dua kelas tersebut

BAB IV
HASIL PENELITIAN




BAB V
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian di atas,dapat disimpulkan sebagai berikut :
ü  Kelas XI IPA 1 memiliki motivasi yang baik yaitu : untuk menambah pengalaman,untuk mencari ilmu dan untuk mengejar impiannya agar sukses di masa depan.
ü  Begitu pula dengan kelas XI IPS 5 sebagian dari mereka juga memiliki motivasi yang baik seperti di atas,namun ada beberapa motivasi yang kurang baik diantara salah satu dari mereka yaitu : untuk mendapatkan uang saku,untuk mencari teman, dan untuk mencari jodoh.

B.      SARAN
Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

1.      Siswa dan siswi dapat mengetahui betapa pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan nilai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar